SarmUT

SarmUT adalah singkatan dari Sringan Air Mesin UTama, adalah merupakan salah satu alat yang dihasilkan dari kerjasama antara Program Studi Teknologi Mesin D3 Universitas widyatama dan Program Studi teknik Mesin S1 Universitas Widyatama. Alat ini berfungsi untuk menyaring air yang kualitasnya kurang baik menjadi lebih baik. Alat ini dibuat berdasarkankepada penelitian perbandingan media saring yang dipergunakan, dimana media saring yang digunakan terdiri dari ferrolite, zeolite dana rang aktif. Dari hasil penelitian ini dihasilkanlah sebuah alat yang diberi nama SarmUT.

SarmUT ini telah diuji coba di SMK PUTRA BAHARI, Bale Endah Kabupaten Bandung dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, dan terbukti bahwa SarmUT ini dapat menjernihkan air yang tadinya keruh dasn bau menjadi bening dan tidak bau sehingga bias dipakai untuk memasak.
Gambar dibawah ini adalah pelahsanaan uji coba SarmUT di SMK PUTRA BAHARI;

Dari kegiatan PKM di SMK PUTRA BAHARI ini terbukti alat ini dapat menjernihkan air yang tadinya keruh dan hasil dari kegiatan dipublikasikan melalui media dan Dosen serta Mahasiswa Teknik Mesin Widyatama sehingga informasinya sampai ke fihap lain yaitu Pemkot Cimahi yang masyakatnya memiliki masalah dengan pasilitas air yang tidak memenuhi syarat katrena Keruh dan Bau.
Perwakilan Perkot Cimahi berkunjung ke Universitas Widyatama dengan tujuan menjajagi kerjasama dalam hal pengolahan air, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Dari hasil pembicaraan Pemkot Cimahi Tertarik Dengan SarmUT dan merrencanakan kerjasama dalam proses penyeringan air ini, karena beberapa wilayah disekitas Pemkot Cimahi kualitas airnya jelek.

Sesuai dengan hasil pertemuan pertama maka Fakultas Teknik Universitas Widyatama melakukan kunjungan balasan ke Pemkot Cimahi untuk menindak lanjuti pertemuan pertama, sekaligus melakukan sunvey ke lokasi dimana daerah yang memerlukan penangan masalah airnya, berikut foto pertemuan Team Fakultas Teknik Universitas Widyatama Dengan Jajaran Pemkot Cimahi.

Dari Pertemuan ini disepakiti Team Fakultas Teknik Universitas Widyatama bekerjasama dengan Pemkot Cimahi untuk menyelesaikan permassalahan air kotor yang berada di daerah Rancabentang dan disepakati untuk dapat tuntas pada awal Desember 2020.